berita

Dengan Protkes Yang Ketat, 30 Pengurus Koperasi di Bintan Ikuti Pelatihan Pengembangan Usaha Sektor Riil


Sebanyak 30 orang pengurus koperasi yang tersebar di 10 kecamatan di Bintan, mengikuti Pelatihan Pengembangan Usaha Koperasi Sektor Riil yang digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, di New Marjoly Beach & Resort, Gunung Kijang, Bintan, Senin (11/10/2021).

Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Slamet Riyadi, S. Sos, M. Si mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi di Kabupaten Bintan.

“Agar pengurus koperasi bisa mengembangkan usahanya dan atau anggotanya di sektor riil atau multi usaha, yang pada gilirannya mampu memperkuat peran koperasi sektor riil dalam mendukung upaya perluasan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan anggota serta mengentaskan kemiskinan,” ujarnya kepada Primetimes.id, Senin (11/10/2021) di lokasi acara.

Ia menambahkan, kegiatan yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenkop dan UKM RI ini juga dapat membantu pengurus dan pengelola koperasi di Kabupaten Bintan untuk memahami tahapan pembukaan usaha baru koperasi.

Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Slamet Riyadi, S. Sos, M. Si. (Foto: BUNG MANURUNG)

“Tentunya agar koperasi yang akan mengembangkan usaha sektor riil atau memiliki unit usaha sektor riil mampu mengelola koperasinya dengan lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan yang juga sebagai Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Bintan, Supriyono, SE, M. Si, saat membuka secara resmi pelatihan ini mengatakan bahwa di saat pandemi Covid- 19 ini, unit usaha koperasi yang umumnya mampu bertahan adalah sektor riil.

“Kita tahu persis bahwa sektor andalan Bintan adalah pariwisata. Dan di tengah pandemi ini pariwisata kita praktis tidak bergerak. Nah, usaha sektor rill inilah yang masih mampu bertahan. Kita harapkan ke depannya koperasi sektor riil kita semakin baik, maju dan berkembang,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Supriyono, SE, M. Si. (Foto: BUNG MANURUNG)

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berharap agar pelaku-pelaku koperasi dapat benar-benar menjadikan koperasi sebagaimana cita-cita luhur bersama, yaitu sebagai soko guru perekonomian nasional.

“Sejak tahun 45, itu sudah kita gaungkan. Namun hingga saat ini hal itu belum terealisasi. Semoga ke depannya koperasi benar-benar mampu menjadi soko guru perekonomian kita,” pungkasnya.

Giyarso, SE dari LDP “Cendekia”-Solo saat memberi materi pelatihan kepada peserta. (Foto: BUNG MANURUNG)

Pelatihan Pengembangan Usaha Koperasi Sektor Riil se- Kabupaten ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Diklat Profesi (LDP) Cendekia, Solo.

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan ini akan berlangsung dari 11-13 Oktober 2021 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Seluruh panitia dan anggota peserta pelatihan wajib memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak dan sudah melaksanakan vaksinasi minimal dosis yang pertama.

Kategori Berita

UMKM

Koperasi

IKM

Umum

PERDAGANGAN

Sosial Media

Cek Data UMKM

Logo UMKM

Cek Data IKM

Logo IKM

Sosial Media

Tentang Kami

Alamat : Jalan MT Haryono KM. 3,5 No.46, Tanjung Unggat, Bukit Bestari, Tj. Pinang Timur, Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

Telp : (000) 00000

dinperindag@.go.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
9
Kemarin
28
Minggu Ini
158
Bulan Ini
945
Tahun ini
13139
Total Pengunjung
13139

Hasil Penilaian

Sangat Bermanfaat
68.75%
Cukup Bermanfaat
6.25%
Bermanfaat
25.00%
Kurang Bermanfaat
0.00%
Logo Pemerintah Kabupaten Bintan
Logo Sahara
Logo Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bintan